Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi dan Contohnya

Pengamatan adalah aktivitas normal dalam penelitian. Mengamati berarti memperhatikan dan mengamati. Hasil pengamatan dimasukkan dalam laporan atau teks tentang hasil pengamatan. Pelaporan dari pengetahuan tentang jenis teks (2019) Teks laporan pengamatan (LHO) adalah laporan yang berisi deskripsi umum tentang sesuatu berdasarkan hasil kegiatan pengamatan. Kegiatan pengamatan bertujuan untuk memperoleh informasi tentang perilaku, keadaan, kondisi atau situasi objek yang diperiksa. Informasi diperoleh dengan mengamati dan mencatat hasilnya dengan cermat.

Contoh pengamatan dengan laporan teks Anda mungkin diminta untuk melakukan pengamatan dengan laporan teks tentang hal-hal di sekitar Anda. Mari kita ambil contoh tanaman yang merupakan kaktus. Kaktus adalah tanaman yang hidup di tempat yang kering. Berbeda dengan pohon keras, kaktus adalah tanaman yang lebih lunak. Ini karena air disimpan di bagasi. Tubuhnya tidak berbentuk seperti batang yang keras, tetapi batang yang tebal seperti daging. Tubuh ini menggantikan fungsi daun. Pada tanaman lain, daun bertanggung jawab untuk fotosintesis.

Hampir semua jenis kaktus tidak memiliki daun dan melakukan fotosintesis dengan tubuh mereka. Fitur utama yang membedakan kaktus dari tanaman lain adalah duri. Permukaan kaktus dipenuhi dengan pori-pori berbulu. Semua jenis kaktus selalu memiliki duri. Lonjakan ini berguna untuk mengurangi penguapan air.

Dengan luas permukaan yang lebih kecil, penguapan juga lebih rendah. Baca juga: Fitur khusus Lotus Cactus memiliki akar yang memanjang ke samping dari kaktus. Akar panjang membantu kaktus dengan cepat menyerap air hujan di permukaan tanah. Ini berbeda dari tanaman yang akarnya memanjang untuk menyerap air di tanah. Selama musim hujan, kaktus memperluas akarnya. Selama musim kemarau, akar yang menjadi kering atau busuk akan terpotong.

Contoh lain tentang hewan yang ada di rumah kita, yaitu kadal: kadal adalah jenis kadal. Kita sering melihat kadal di dinding rumah kita. Tubuh kadal memiliki tekstur bergaris. Tekstur pada telapak kaki empat dan perut ditutupi dengan rambut halus. Di ujung helai rambut ada rambut yang lebih halus. Rambut mengembang dan memiliki kekencangan pada permukaan lain. Ini memungkinkan kadal merayap di dinding dan hewan lain tidak bisa. Kadal bisa merangkak dan berburu nyamuk di dinding. Selain itu, kadal juga bisa mematahkan ekor. Ekor yang patah kadang berkedut. Kemampuan untuk mengamputasi diri ini disebut otonomi. Beberapa hewan, termasuk kadal, mematahkan ekor ketika ditangkap oleh hewan lain. Dengan cara ini, mereka membela dan menyelamatkan diri. Kadal ekor tumbuh lagi nanti.

 

Sumber :